Kemenag Siapkan 25 Konsultan Ibadah di Makkah

oleh

Sebanyak 25 konsultan ibadah haji disiapkan Kementerian Agama yang ditempatkan di Kota Makkah. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan bimbingan dan pendapingan lebih intens kepada jemaah haji Indonesia guna meningkatkan kualitas ibadah jemaah.

Kepala Daerah Kerja (Daker) Makkah Subhan Cholid menyampaikan bahwa “Untuk petugas bimbingan ibadah ada tambahan cukup banyak, karena memang kebutuhan untuk itu cukup besar,” ujar Subhan, Rabu (10/07).

Penyediaan konsultan ibadah ini menjadi perhatian dari Kemenag, karena menurut Subhan, kunci dalam pelaksanaan haji bukan terletak pada ketersediaan fasilitas pendukung seperti akomodasi, transportasi, dan sebagainya. Melainkan pada makna dari ibadah haji itu sendiri. “Kita berharap adanya konsultan ibadah ini dapat memberikan pencerahan dan makna bagi pelaksanaan haji para jemaah,” harapnya.

Pada musim haji 1440H/2019M ini, di Makkah terdapat tiga orang konsultan ibadah yang ditempatkan di Kantor Daker Makkah, serta dua pembimbing ibadah pada 11 sektor yang ada. “Totalnya sekitar 25 orang,” ujar Subhan.

Adapun untuk penempatannya berada di wilayah yang dekat-dekat dengan jemaah haji. “Jadi selain nanti para konsultan bimbingan ibadah akan aktif memberikan bimbingan kepada jemaah di hotel-hotel, nanti mereka juga akan membuka bimbingan di kantor sektor. Sehingga, jemaah, siapa saja, kapan saja bisa melakukan konsultasi kepada mereka,” lanjutnya.

Aktivitas jemaah haji Indonesia di Makkah diperkirakan akan mulai menggeliat pada 15 Juli 2019 mendatang, seiring kedatangan jemaah haji yang telah menyelesaikan ibadah arbain di Madinah. “Jemaah haji asal Magetan yang tergabung di kloter SUB 01, akan menjadi rombongan jemaah pertama yang tiba di Makkah. Mereka selanjutnya akan ditempatkan di wilayah Mahbas Jin,” ungkap Subhan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *