PT Sari Ramada Arafah Selenggarakan Manasik Haji

oleh

PT Sari Ramada Arafah menyelenggarakan manasik haji untuk jamaah yang akan berangkat haji pada tahun 1440 H atau tahun 2019 ini. Acara dilaksanakan di Hotel Bumi Wiyata, Depok, Jawa Barat, dari hari Jumat-Minggu (21 Juni sampai 23 Juni 2019).

Rangkaian acara dimulai pada hari Jumat (21/6/2019) pada pukul 14.00 -16.00 WIB dengan agenda registrasi jamaah haji. Kemudian pada pukul 17.30 WIB, jamaah diharapkan telah berkumpul di mushola hotel yang telah disediakan khusus untuk jamaah haji PT Sari Ramada Arafah.

Seluruh jamaah haji yang berasal dari berbagai kota ini melaksanakan ibadah shalat Magrib berjamaah dengan imam KH. Deddy Djuandi, MBA. Ustadz dan pembimbing ibadah haji PT Sari Ramada Arafah.

Usai Shalat Magrib berjamaah, dilanjutkan dengan tausiah siraman rohani dan beberapa pengumuman yang disampaikan Managing Director PT Sari Ramada Arafah, HM. Wahyu, MM. Atas nama PT Sari Ramada Arafah, Wahyu menyampaikan selamat Hari Raya Idul Fitri mohon maaf lahir dan batin.

“Ini masih di bulan Syawal, kami mengucapkan minal aidzin wal faizin mohon maaf lahir batin. Kami juga mengucapkan terimakasih atas kepercayaan jamaah sekalian, kepercayaan adalah amanah. Dan kami PT Sari Ramada Arafah akan menjaga amanah bapak ibu sekalian dengan maksimal dan setulus hati, ” kata Wahyu.

Kepada jamaah, beliau juga mengingatkan akan pentingnya tujuan hidup yaitu hanya karena Allah SWT. Termasuk menunaikan ibadah haji, niatnya hanya karena Allah SWT.

Oleh karena itu, ia mengajak semua jamaah yang akan menunaikan ibadah haji untuk bersungguh-sungguh memperbarui niat. Semata-mata menjalankan ibadah haji karena Allah SWT.

“Kemudian tujuan haji adalah meneladani Rasulullah SAW. Haji adalah suatu ibadah fisik yang telah ditentukan waktunya, tempatnya dan tuntunannya,” ujarnya.

PT Sari Ramada Arafah berkomitmen untuk membimbing dan mengantarkan jamaah menunaikan ibadah haji sesuai tuntunan Rasulullah SAW. Dengan demikian, derajat mabrur yang merupakan impian semua jamaah dalam menunaikan ibadah haji, dapat terwujud.

Pada pukul 19.15 WIB, jamaah haji PT Sari Ramada Arafah menunaikan ibadah shalat Isya berjamaah. Setelah berdoa, berdzikir dan shalat sunnah, jamaah menuju restoran untuk makan malam kemudian puasa. Jamaah melakukan puasa sebelum pemeriksaan kesehatan yang dilakukan tim dokter dari Kementerian Kesehatan.

Opening ceremonial pembukaan manasik haji dilaksanakan usai makan malam selesai. Kata pengantar disampaikan oleh Managing Director PT Sari Ramada Arafah HM. Wahyu, MM. Kemudian dilanjutkan Pengantar Umum Haji yang disampaikan Pimpinan PT Sari Ramada Arafah yang juga Amirul Hajj yaitu Drs. H. Denci Aminuddin.

Dalam sambutannya, Pimpinan PT Sari Ramada Arafah menekankan akan pentingnya niat. Segala sesuatu termasuk menunaikan ibadah haji karena Alllah SWT semata.

Denci mengajak semua jamaah untuk taubat sebelum berangkat ke Tanah Suci. Karena semua orang memiliki dosa, maka taubat adalah sebuah keharusan. Dalam rangka membersihkan jiwa dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

“Kemudian ikhlas, jamaah harus belajar ikhlas. Hanya karena Allah SWT, ” tutur Denci.

Sedangkan pembimbing ibadah ustadz H. Deddy Djuandi, MBA menyampaikan materi Pensucian Jiwa. Kesadaran seseorang akan memiliki banyak dosa dan diperlukan tazkiyatun nafs atau penyucian jiwa, akal, hati dan nafsu.

Beliau mengupas pembagian nafs dengan detail dan disampaikan dengan tutur kata yang enak. Mulai dari nafs al amarah, nafs al lawwah, nafs al muhimah, nafs al muthmainah dan nafs al mardliyah.

Jamaah haji diajak untuk selalu berdoa, mengingat mati, memilih teman yang baik, berbaik hati, waspada akan sifat ujub berbangga diri, dan lain sebagainya.

Pada pukul 04.00 WIB, jamaah haji PT Sari Ramada Arafah diajak untuk menunaikan ibadah shalat Tahajud. Kemudian dilanjutkan shalat Subuh berjamaah.

Usai Shalat Subuh, jamaah satu persatu melakukan pemeriksaan kesehatan yang dilakukan oleh tim kesehatan dari dokter Kementerian Kesehatan. Hingga saat ini, pemeriksaan kesehatan masih berlangsung.

Pada tahun ini, PT Sari Ramada Arafah Insya Allah akan memberangkatkan 110 jamaah untuk menunaikan ibadah haji. Dalam manasik ini, PT Sari Ramada mengusung tema “Melalui Manasik Haji Sesuai Tuntunan Rasulullah SAW Kita Wujudkan Jamaah yang Cerdas dan Mandiri Guna Menggapai Haji yang Mabrur”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *