Jamaah Haji PT Sari Ramada Antusias Lakukan Medical Check Up

oleh

Seluruh jamaah haji PT Sari Ramada Arafah mengikuti manasik haji di Hotel Bumi Wiyata, Depok, Sabtu (22/6/2019). Salah satu agenda penting hari ini adalah pengambilan darah, suntik vaksin meningitis, medical check up (MCU) oleh tim medis Kementerian Kesehatan.

Tahun ini, PT Sari Ramada Arafah mendatangkan tim kesehatan ke lokasi manasik haji. Yang mana tahun sebelumnya, pemeriksaan kesehatan dilakukan di puskesmas yang ditunjuk.

“Alhamdulillah tahun ini kami bisa mendatangkan tim kesehatan ke lokasi manasik lokasi acara, ” kata pimpinan PT Sari Ramada Arafah, Drs. H. Denci Aminuddin.

Jamaah haji wajib memiliki sertifikat yang menyatakan bahwa mereka telah memperoleh vaksin meningitis. Selain melakukan vaksin, pemeriksaan kesehatan sebelum berangkat ibadah ke tanah suci juga penting dilakukan.

Petugas kesehatan PT Sari Ramada Arafah dalam melakukan sesi pemeriksaan kesehatan terbagi dua gelombang. Gelombang pertama untuk jamaah perempuan dan gelombang kedua untuk jamaah laki-laki.

Adapun Medical Check Up yang dilakukan oleh tim dokter di antaranya tes darah, tes urin, glukosa puasa, kolesterol, HDL, LDL, Trigiliserida, golongan darah, tes kehamilan, tes darah, tinggi badan, berat badan, lingkar perut dan thorax. Kemudian pemeriksaan EKG atau rekam jantung.

Kesehatan tubuh yang prima dibutuhkan untuk beribadah haji. Karena beribadah bersama jutaan orang dari berbagai penjuru dunia memungkinkan tersebarnya berbagai penyakit. Maka dari itu diperlukan vaksin untuk mengurangi risiko terpapar bakteri dan virus berbahaya. Salah satu vaksinasi yang dilakukan sebelum ibadah haji adalah suntik meningitis.

Sekedar info, pada musim haji umat muslim dari seluruh penjuru datang ke Arab Saudi untuk menunaikan ibadah, termasuk negara-negara di Afrika yang merupakan tempat penyebaran penyakit meningitis. Hal ini diduga menjadi penyebab maraknya terjadinya kasus penyakit meningitis pada jemaah dan petugas yang melayani jemaah di Arab Saudi.

Meningitis adalah peradangan pada selaput yang melindungi otak dan sumsum tulang belakang, dan penyakit ini sangat menular. Penyebab utama meningitis adalah infeksi virus dan infeksi bakteri.

Setelah memperoleh vaksinasi meningitis, barulah calon jemaah akan diberikan kartu International Certificate of Vaccination (ICV) sebagai syarat memperoleh izin visa dari Pemerintah Arab Saudi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *