FTPI Gelar Buka Bersama dan Silaturahmi Anggota, Sejumlah Isu Terupdate Dibahas

oleh

Jakarta – Forum Travel Partner Indonesia (FTPI ) menggelar acara buka bersama dan silaturahmi sesama anggota FTPI di Restoran Aljazeerah Pramuka, Jakarta, Jumat (24/5/2019). Puluhan travel anggota FTPI turut hadir dalam acara ini.

Sejumlah isu terupdate terkait dengan penyelenggaraan ibadah umrah, haji dan wisata muslim menjadi pembahasan dalam pertemuan ini. Salah satunya adalah informasi tentang kebijakan visa Arab Saudi.

Ketua Umum FTPI H. Edy Hamdi SA mengatakan, hampir setiap tahun Pemerintah Kerajaan Arab Saudi merubah peraturan terkait umrah maupun haji.

“Yang kami terima dari Saudi ada rencana bahwa proses visa berbeda dengan proses yang kemaren. Informasi yang saya dapat bahwa visa bisa diupdate langsung oleh travel agen di Indonesia tanpa harus melalui kedutaan, jadi visanya online,” jelas Edy dihadapan para anggota FTPI.

Menurut Edy, kebijakan adanya visa online yang dilakukan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi adalah karena Arab Saudi sedang membuka peluang yang sebesar-besarnya untuk melakukan kunjungan ke Saudi bukan hanya untuk umrah atau haji, namun juga ke Riyadh.

“Pembangunan infrastruktur di Arab Saudi juga sudah sangat meningkat, ini untuk mendukung kelancaran para pengunjung saat berada di sana,” ucapnya.

Selain umrah, FTPI melalui Koperasi Satu Jiwa Menjelajah Dunia juga mengadakan program haji furoda yang sudah berjalan hingga tahun ke tiga ini.

“Kita membuka haji furoda sejak tahun 2017, saat itu kita masih tertutup, kita masih mempelajari efek madharatnya karena haji kesulitannya lebih tinggi daripada umrah. Tahun ini saya lihat pemerintah Indonesia dan Saudi membuka diri, maka kita berani jualan secara terbuka. Yang sudah terdaftar ada 132 jamaah. Tahun ini kita batasi 3 bus aja. Tahun pertama satu bus, tahun kedua ada dua bus dan tahun ini kita batasi 3 bus aja,” jelas Pria Kelahiran Turki.

Dalam acara ini, sejumlah stakeholder turut memberikan presentasi produk, seperti XL Axiata yang menawarkan paket khusus bagi jamaah haji, Qatar Airways, maupun layanan pembiayaan dari Duha Syariah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *