Indahnya Salat Tahajud Berjamaah di Masjid Nabawi

oleh

Siapa yang bisa membayangkan indahnya menunaikan ibadah salat Tahajud di Madinah dan Mekkah. Apalagi jika kita melakukannya di Masjid Nabawi dan Masjidil Haram, sebuah tempat yang dipenuhi keberkahan serta ladang pahala.

Kita yang diberi kesempatan berangkat menjalankan ibadah di Tanah Suci pastinya tidak mau melewatkan sholat tahajud di Masjid Nabawi dan Masjidil Haram. Jangan habiskan waktu di Madinah dan Mekkah dengan hanya di hotel, namun perbanyak ibadah karena amalnya akan dilipatgandakan di sini.

Rosulullah SAW telah bersabda “Satu kali sholat di masjidku ini, lebih besar pahalanya dari seribu kali sholat di masjid yang lain, kecuali di Masjidil Haram. dan satu kali salat di Masjidil Haram lebih utama dari seratus ribu kali sholat di masjid lainnya.” (Riwayat Ahmad)

Waktu terbaik melaksanakan Salat Tahajud adalah di sepertiga malam atau pada pukul 03.00 waktu setempat. Oleh karena itu, jamaah umrah dari PT Al Marhamah Cahaya Utama dalam setiap malam mengagendakan untuk melaksanakan Salat Tahajud.


Salat dipimpin langsung oleh Ustadz KH Burhanuddin Muhammad Battoa, LC. Pembimbing ibadah haji umrah PT Al Marhamah cabang Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan. PT Al Marhamah adalah biro travel penyelenggara ibadah umtah dan haji khusus yang telah berizin. PT Al Marhamah adalah perusahaan satu grup dengan PT An-Naba International.

Jamaah umrah terlihat khusyuk menunaikan ibadah salat Tahajud sebanyak 8 rakaat. Jamaah banyak berdoa, bermunajat dan berdzikir sembari menunggu kumandang adzan Subuh.

Tahajud sendiri adalah sholat sunnah dua rokaat yang dilakukan hanya pada malam hari. Istilah lainnya adalah sholat malam. Surat yang dibaca terdiri dari Al Fatihah serta surat apa saja yang dihafal.

Di waktu ini juga para malaikat tengah menyaksikan semua amal sholeh orang-orang beriman. Saat tunaikan sholat tahajud, jangan lupa sematkan doa untuk seluruh umat Islam agar diberi ampunan oleh Allah SWT.

Sungguh beruntunglah mereka yang bisa melaksanakan ibadah haji atau umroh, apalagi bisa melaksanakan sholat malam disana. Sholat malam salah satunya yaitu sholat tahajud di Masjidil Nabawi dan Masjidil Haram.

Yang terpenting, gunakanlah waktu sebaik-baiknya di Tanah Suci untuk beribadah dan berdoa. Percuma jauh-jauh dan mahal-mahal ke Mekkah kalau kerjanya cuma tiduran di hotel atau lebih semangat cari oleh-oleh. Ingat ada jutaan umat Muslim yang ngga seberuntung kita untuk menjejakkan kaki di Tanah Suci, sehingga kita ngga boleh menyia-nyiakan kesempatan yang dimiliki.

Allah SWT berfirman,

“Dan pada sebagian malam bertahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (QS. Al-Isra’:79)

Subhanallah…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *