Gunawan Surbakti Beberkan Kiat Menjadi Penjual yang Professional Dalam Jasa Pariwisata

oleh

Jakarta – Asosiasi Penyelenggara Perjalanan Wisata Indonesia (ASPERWI) menyelenggarakan seminar nasional dengan tema “How To Be Professional Seller” bersaa Trainer Gunawan Surbakti. Acara ini berlangsung di Hotel Arcadia Manggadua by Horison, Jakarta, Rabu (5/12/2018).

Dalam acara ini, para peserta yang hadir diberikan materi bagaimana kiat menjadi penjual yang professional untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas penjualan produk yang mereka miliki, khususnya produk jasa pariwisata.

Salah satu pendiri sekaligus bendahara umum ASPERWI Isti Suriyanti Ningsih mengatakan, tujuan diselenggarakannya acara ini adalah untuk meningkatkan ilmu pengetahuan supaya para anggota lebih maju.

“Ini baru pertama kali kami selenggarakan. Tahun depan juga akan kami selenggarakan dengan tema yang berbeda-beda,” kata Isti kepada awak media di lokasi acara.

Menurut Isti, sejak berdiri pada tahun 2014, ASPERWI memiliki tujuan supaya para anggota bisa maju bersama-sama dan membangun kerjasama yang apik dalam anggota.

“Sekarang anggota kami ada 80, ada di NTT, NTB, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bangka Belitung, Padang, Medan, Kalimantan, dan lain-lain. Kami tidak menutup jika ada anggota baru yang mau masuk, bahkan di kami juga ada anggota yang ownernya masih SMA,” jelas Isti yang juga pemilik travel Polaris Lintas Nusa.

Selama 4 tahun ini, menurut Isti, ASPERWI lebih fokus mengangkat pariwisata Indonesia dengan mengekspose wisata daerah supaya lebih dikenal di masyarakat.

“Salah satu tujuan kita mengangkat wisata daerah yang belum tereksplor. Seperti sekarang yang lagi booming yaitu desa wisata yang ada di Magelang. Semua wilayah sebetulnya bagus, kita sedang memetakan daerah yang justru belum terekpose,” ucapnya.

Sementara itu, Gunawan Surbakti sebagai pengisi materi menjelaskan kepada para peserta cara-cara dan kiat-kiat menjual produk wisata. Dimulai sejak pukul 10.00 WIB, pria yang sudh berkecimpung selama 30 tahun 6 bulan di travel menjelaskan bagaimana cara menjual produk jasa pariwisata secara pro aktif, sehingga target daripada penjualan terpenuhi sesuai dengan keinginan.

“Harus tekun, kita harus pelajari dulu produknya, setelah produknya pelajari, cari marketnya, setelah cari marketnya, promosinya kemana yang cocok, terus harga jualnya dan SDM-ny,” ucap Surbakti yang juga sebagai anggota ASPERWI Ketua Divisi SDM dan Hubungan Internasional.

Lima komponen ini, menurut Surbakti menjadi kunci sukses yang harus diperhatikan dengan baik oleh para pelaku bisnis travel. Bahkan, para pebisnis baru yang akan memulai di usaha jasa travel ini pun jika memperhatikan ini maka usahanya akan berjalan dengan baik.

Ditanya mengenai kiat menjadi tour leader professional seperti dirinya, ia mengatakan supaya banyak belajar dari senior, belajar dari yang sudah berpengalaman, jangan malu bertanya, sering ikut seminar nasional serta funtrip.

“Tapi jangan salah funtrip, sampai kesono bukannya belajar malah ketawa-ketawa, shopping, jadi pas suruh bawa group, dia malah bingung,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *