Gunawan Surbakti, Sukses Jadi Tour Leader Muslim Berkelas Dunia

oleh

Gunawan mulai menjadi tour leader traveller sejak 1988 setelah lulus sekolah, dan mulai serius menjalani profesinya sejak 1992. Dimulai dari Local Guide Jakarta City Tour, Jakarta Puncak Bandung Tour, Jawa Bali Overland & Lombok Overland sampai Sumatra Overland. Sejak 1992 hingga saat ini hampir semua negara sudah ia kunjungi mulai dari Singapore, Malaysia, Thailand, Hongkong, China, Macau, Korea, Jepang, Eropa Barat & Timur, Amerika & Canada, Russia & Scandinavia, Balkan, Australia, New Zealand, Afrika, Maroko, Cairo, Amman, Jordan, Palestine, Umrah (Jeddah, Madinah & Makkah) dan sebagainya.

“Saat masih sekolah kakek Halil bilang kepada saya waktu mau naik pesawat, nanti kalau sudah besar Gunawan pasti kamu naik pesawat,” kenangnya pada ucapan kakeknya.

Selama 3 tahun ini Gunawan menjadi tour leader di Gardi Tour secara free lance. Selain di Gardi Tour, ia juga bergabung secara free lance sebagai tour leader di agen travel lain seperti Panorama, Golden Rama, Avia Tour, Anta Vaya, Mas Tour, Kiblat Wisata, Pratama Tour, Fanena Tour, Trans Panorama Batam, My Duta Bandung, Mutiara Tour Bandung, Java Holidays, Obaja Tour, Indah Wisata, Cakra Tour, Duta Lintas, Kul Holiday, Smailing Tour, Wina Tour, Asmaya Tour, Adzikra, IITCF, Anisa Travel, Kuoni Travel Expert, dan masih banyak agen lain.

Sejak 2009 saat di Indah Wisata Gunawan mulai menangani Muslim Traveller dari berbagai perguruan tinggi seperti Universitas Gunadarma, Trisakti, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Indonesia, UIN Jakarta & Surabaya, Kopertis Jakarta, Kopertis Medan & Aceh, Kopertis Bandung, Kopertis Palembang, Lampung, Kopertis Bangka Belitung, Kopertis Bali & Lombok, Kopertis Makasar dan sekitarnya. Dan sekal 2014 ia mulai menangani Favorite Tujuan Muslim di Dunia.

Negara yang menjadi favorit untuk tujuan wisata menurut Gunawan kalau bersama keluarga antara lain Thailand yang murah meriah dan bagis obyek wisatanya. Untuk romboingan atau group banyak yang memfavoritkan Swiss dengan Gunung Alfen (Mt Blank, Mt Titlis, Jungfrau (Keindahan Magis di Puncak Dunia), Paris karena ada Eiffel Tower dan Italy yang memiliki Colosuem & Vatican. Dalam satu rombongan terdiri dari satu bus dengan 45 peserta.

“Ada peserta yang mulai melihat dunia karena lhiat Iklan di TV, media sosial FB & IG. Dan sekarang peserta selain berwisata juga mulai suka dengan Wisata Edukasi seperti melihat tempat yang bagus sekalian pembuatan cokelat, pembuatan sabun, pembuatan madu, pembuatan Keju dan lain-lain,” jelasnya.

Baru-baru ini Gunawan membawa group rombongan Gardi Tour menjelajah Korea & Jeju Island yang muslim friendly selama 7 hari pada 28 November sampai 4 Desember 1018 dengan 15 peserta.

Menurut Gunawan Gardi Tour sudah mulai leading dengan Muslim Traveller-nya juga sebagai Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah / PPIU jadi jama’ahnya banyak dari peserta Umrah sekalian berwisata. Garda Tour memiliki keunggulan karena sudah leading di Muslim Tour sehingga ia sebagai Tour Leader tinggal meluruskan dan menyesuaikan permintaan peserta.

Menurut Gunawan hal utama yang harus diperhatikan peserta saat memilih agen perjalanan wisata adalah memilih agen yang memiliki Agent Muslim sesuai penawaran & brosur yang ditawarkan. Untuk Umrah harus memilih biro travel umrah yang memiliki Ijin PPIU dan harus teliti karena banyak oknum agen yang menarik uang dulu tapi jamaah tidak diberangkatkan.

Setelah selesai membawa rombongan Garda Tour ke Korea Jeju, Gunawan sudah memiliki agenda cukup padat . Selain sebagai tour leader, ia juga menjadi dosen di UIN, LIA Pramuka, Asesor Tour Leaader Umrah, Guide & Travel Consultant, Pembicara Wisata Muslim / Halal Food, dan lain-lain. Pada 5 Desember 2018 ia akan menjadi Pemateri di Asperwi Professional Seller, pada 11-15 Desember 2018 wisata ke Korea bersama istri dan anak, dan pada 20-28 Desember 2018 Umrah Adzikra.

Sebagai tour leader Gunawan mengatakan untuk bisa menjadi tour leader sukses kuncinya mudah sekali. Pada saat ia ingin bisa maka ia selalu belajar untuk menggali pengalaman dari tour leder senior-seniornya yang ada di Depok, Bekasi, Bogor, Tanggerang, mencari bahan-bahan yang menunjang profesinya dengan membaca buku bekas di Senen, Toko Buku Walisongo sampai Gunung Agung.

“Karena zaman dulu belum ada internet jadi harus foto copy bahan-bahan Guiding.Kalau sekarang bisa buka di Wikipedia/ Google. Dan yang paling mudah saya selalu ikut belajar dari Tour Leader Senior jadi bisa tahu gaya-gaya saat membawa peserta tour,” tambahnya.

Sejak tiga tahun lalu, Gunawan memberikan Bedah Wisata Muslim mulai Eropa Barat, Eropa Timur, USA, Canada, Russia, Scandinavia, Maroco, Mesir, Palestine, Aman, Jordan serta How to be Frofessional Tour Leaader & Professional Seller dan lainnya. Melalui Wisata Halal, masyarakat bisa mengetahui Muslim Halal Food / Halal Friendly, tempat sholat atau masjid di kota tersebut, bisa berjumpa dengan Komunitas Muslim Indonesia dan Dunia, bisa melihat keajaiban dunia dari dekat.

Menurut Gunawan perjalanan Kelas Dunia hanya bisa dikerjakan oleh Tour Leaader Kelas Dunia pula. Seperti tahun ini ia membawa Group Eropa 10 kali, USA 2 kali, Bangkok 3 kali, Hongkong 2 kali, Korea 2 kali, Jepang 2 kali. “Jika dihitung dalam satu tahun Alhamdulillah saya bisa 15 kali sampai 17 kali lebih terbang ke berbagai belahan dunia,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *