Kemenag Dukung Maluku Jadi Embarkasi Haji Antara

oleh
Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Prof. Dr. H. Nizar Ali, M.A

Direktur Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU), Kementerian Agama RI, Nizar Ali mendukung adanya embarkasi haji antara di Provinsi Maluku. Saat meninjau pembangunan revitalisasi Asrama Haji, di Kawasan Waiheru Kota Ambon, Nizar menyatakan untuk sampai pada target tersebut, pihaknya mengharapkan kehadiran embarkasi antara di daerah ini harus mampu memenuhi standar pelayanan minimal.

“Standar layanan ini mutlak diterapkan di seluruh embarkasi antara dengan menyiapkan seluruh fasilitas dan sarana penunjang ibadah haji. Prinsipnya kami mendukung, dengan ketentuan embarkasi haji antara di Maluku harus memenuhi syarat dengan pemenuhan standar pelayanan minimal, ” ujar Nizar di Ambon, Kamis (15/11).

Menurutnya, untuk Embarkasi Haji Antara Maluku akan dilaksanakan pada tahun 2019 mendatang, namun karena berbagai fasilitas atau infrastruktur Asrama Haji yang sementara dibangun di Waiheru Kota Ambon belum memadai, akhirnya telah diputusakan untuk Embarkasi Haji Antara Maluku, baru bakal berjalan pada tahun 2020 mendatang.

Usai meninjau Gedung baru Asrama Haji Maluku, kepada awak media, Dirjen PHU mengatakan Kementerian Agama tetap mendukung Embarkasi Haji Antara Maluku. “Sebenarnya potensial menjadi Embarkasi Antara, namun masih banyak kekurangan yang perluh dilengkapi,” ujarnya.

“Kekurangan-kekurangan itu dilengkapi, misalnya seperti ruang keberangkatan, ruang penerimaan dan kantor yang perlu penataan kembali. Untuk Aula juga, belum memenuhi standar pelayanan minimal, jadi masih masih banyak yang harus ditambahkan,” tutur Nizar.

Dia mengatakan, karena waktu masih sangat panjang atau waktu masih banyak, dari situlah PHU Kementerian Agama Provinsi Maluku harus mendesain kembali pengembangan asrama haji transit, menjadi asrama haji. “Kalau sudah dilaksanakan, hasilnya dikirim ke kami agar tahun depan mendapat dukungan kembali,” ucapnya.

Menurut Nizar dengan adanya Embarkasi Haji Antara ini, tentu akan membawa manfaat yang besar bagi Provinsi Maluku setiap tahunnya.

Turut hadir bersama rombongan Ditjen PHU, Sekretaris Ditjen PHU Ramadhan Harisman, Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Muhadjirin Yanis, Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Sri Ilham Lubis, Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Arfi Hatim, dan Direktur Pengelolaan Dana Haji dan Sistem Informasi Terpadu, Maman Saifullah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *