Dalam Dua Pekan, 251 Jamaah Dirawat di KKHI

oleh

Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) di Madinah telah merawat 251 pasien, sejak dibuka tanggal 17 Juli lalu. Adapun rinciannya adalah 133 orang dirawat inap, 17 orang di antaranya dengan gangguan psikiatri dan 29 orang telah dirujuk ke RS Arab Saudi seperti RS King Fahad, RS Uhud, RS Al Dahr, dan RS Mowasat.

Sementara jamaah dengan penyakit terbanyak adalah hipertensi, diabetes, hipoglikemi, penyakit paru obstruktif, dan pneumonia.

Kondisi kesehatan jamaah harus menjadi perhatian sebelum berangkat ke Tanah Suci. Jamaah harus sehat sebelum berangkat supaya bisa beribadah dengan maksimal. Inilah pentingnya istitha’ah kesehatan.

Demikian pernyataan Kepala Pusat Kesehaan Haji, Eka Jusuf Singka terkait adanya jamaah haji yang tidak dapat menjalankan ibadah sunah karena sakit.

Sementara pada jamaah yang sehat, Eka senantiasa mengimbau terus menjaga kesehatan. “Jangan lupa sarapan dan banyak minum. Tidak memforsir tenaga. Bila ada kesempatan untuk istirahat maka istirahatlah. Gunakan APD yang sudah dibagikan yaitu payung, kacamata hitam, masker, dan sandal. Sering-sering menyemprot wajah dengan air. Ini bisa melindungi kita dari dehidrasi dan heatstroke,” kata Eka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *