6.100 Visa Haji DKI Belum Keluar

oleh

Jakarta – Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Kementrian Agama Ahda Barori mengatakan baru 1.500 visa jamaah haji DKI Jakarta yang selesai, sedangkan 6.100 visa lainnya masih dalam proses.

Ahda menjelaskan bahwa saat ini sistem MOFA dan Mohaj sudah dibuka, Pengajuan visa saat ini sedang berjalan.

Kepala Kanwil Kemenag DKI Jakarta Syaiful Mujad membenarkan proses pemvisaan yang belum banyak selesai. Pihaknya sedang mendorong pemvisaan agar segera selesai, mengingat waktu keberangkatan dua pekan lagi.

Syaiful juga mengatakan, kendala proses pemvisaan karena kelengkapan dokumen jamaah haji yang masih kurang. Sehingga mereka mendorong agar segera seluruh dokumen dilengkapi.

Selain visa, Syaiful memastikan seluruh persiapan akan berjalan sesuai dengan rencana. Asrama haji pun sudah siap menampung jamaah haji. Rencananya kloter pertama akan berangkat pada hari Rabu (18/7).

Kloter pertama berasal dari Jakarta Timur akan menginap di asrama sejak Selasa (17/7). Seluruh jamaah haji nantinya akan berangkat melalui Bandara Soekarno Hatta baik dari Lampung, Banten dan DKI Jakarta. Khusus jamaah haji asal Lampung tidak menginap di Asrama haji Pondok Gede, karena mereka sudah berada di embarkasi antara.

Ada yang berbeda dari proses menunggu di asrama dari tahun lalu. Sesuai dengan aturan Arab Saudi, nantinya seluruh jamaah haji akan melakukan sidik jari biometrik di asrama. Selain itu khusus embarkasi Jakarta Pondok Gede, Jakarta Bekasi dan Djuanda Surabaya stempel akan dilakukan di embarkasi masing-masing.

Stempel dan sidik jari dilakukan agar jamaah haji dapat menghemat waktu setibanya di bandara Saudi. Tahun lalu, mereka harus menunggu hingga lima jam, tetapi saat ini jamaah haji dari tiga embarkasi dapat langsung segera meninggalkan bandara usai turun dari pesawat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *