Strategi Menyikapi Ujian Hidup

oleh

Sikap adalah keadaan diri dalam manusia yang menggerakkan untuk bertindak atau berbuat dalam kegiatan sosial dengan perasaan tertentu di dalam menanggapi obyek situasi atau kondisi di lingkungan sekitarnya. Selain itu sikap juga memberikan kesiapan untuk merespon yang sifatnya positif atau negatif terhadap obyek atau situasi.
Jadi sikap sangat menentukan bagaimana kita bertindak dan menghadapi sesuatu, termasuk masalah hidup. Setiap orang pasti ada masalah. Orang yang bermasalah, pasti akan menghadapi masa masa sulit dalam hidupnya, masa masa harus dihadapi dan mencari solusi dengan tetap optimis, yakin dan sabar. Sikap seperti inilah yang seharusnya muncul dalam menyelesaikan setiap masalah demi masalah ketika hadir dalam kehidupan, dan sikap sangat mempengaruhi bagaimana bertindak serta melakukan sesuatu agar terselesaikan dengan baik.

Maka perlu adanya strategi untuk menyikapi problam kehidupan, salah satunya yaitu sikap itu sendiri, karena sikap sebagai pondasi menentukan arah mental dan karakter kita. Jika sikap kita negatif atau Negatif Mental Attitute maka segalanya akan menjadi buruk cara menyikapi permasalahan hidup, menjadikan semua dipandang dari sudut negatif. Jika sikap kita positif atau Positif Mental Attitute maka kita akan selalu optimis , danamis menyikapi semua permasalahan dengan menggunakan kaca mata positif, menenpatkan diri kita pada zona positif bukan zona negatif.

“ Sikap Menentukan Dimana Kita Berdiri Di Positif Atau Negatif, Dan Ini akan Menentukan Hidup Kita Selanjutnya”

Strategi yang harus dipersiapkan dalam menyikapi permasalahan hidup, itu seperti strategi bermain sepak bola, bila pemain sepak bolanya bagus dan pilihan maka strategi yang diterapkan akan lebih mudah diaplikasikan, berbeda jika pemainnya kurang berkualitas maka strategi yang diterpkan akan kurang maksimal.

Begitu juga diri kita jika kita memiliki mental, karakter dan kepribadian yang berkualitas maka dalam menerapkan strategi menghadapi masalah hidup akan lebih mudah, dan pastinya akan lebih cepat dalam menyelesaikan setiap masalah.

Bersyukur adalah cara terbaik setelah berusaha dan berdoa dengan maksimal, syukur akan mempengaruhi kadar emosional diri kita menjadi lebih tenang dan bersikap dan bertindak, apabila dalam menghadapi permasalahan disikapi dengan tidak tenang maka bukannya selesai tapi malah semakin amburadul….ampunnn DJ kalau anak gaul sekarang bilang…… nahh dengan sikap bersyukur maka kecerdasan hati berbicara, sikap kita lebih tenang kemudian bertindak untuk mencari solusipun lebih yakin serta optimis, sikap syukur akan membentuk keyakinan menjadi mental pantang menyerah, tabah menghadapi gempuran masalah..udah kayak perang aja ya.. dan jauh dari keluhan.

Menyakini bahwa setiap masalah pasti akan ada jalan keluarnya.
Sesuatu yang kita yakini akan membentuk keyakinan yang tinggi dan ini akan mempengaruhi sikap diri kita, semakin yakin maka semakin mudah menemukan solusinya, semakin tidak yakin semakin galau pikiran dan perasaan diri kita..move on dong..gag lagi zamannya galau…..move on its ok man…..

Kembali pada meyakini sesuatu..saya berikan contohnya..bahwa diri kita yang membetuk keyakinan itu.misal…anda bekerja disuatu tempat dan kantornya menempati gedung yang bagus dan megah, setiap hari anda nak lift ke lantai 35 untuk sampai pada kantor anda.
Saat itu anda sering melakukan lembur malam….dan itu sering anda lakukan bahkan terkadang sampai tengah malam karena anda begitu antusiasnya bekerja… dan selama ini anda fine fine aja tidak ada sesuatupun yang terjadi…

Suatu saat ada orang bercerita tanpa sengaja anda dengar pembicaraan bahwa digedung tersebut kalau ada yang namanya HANTU…..waktu anda dengar pertama kali pasti antara percaya dan tidak antara yakin dan tidak yakin….tapi anda mulai dipengaruhi pikiran takut…
Anda bertanya pada keyakinan diri anda sendiri jangan jangan memang ada HANTUnya digedung tersebut…..itu baru sekali anda dengar

Suatu saat anda bertanya dengan teman, dan temen anda tersebut orangnya suka bercanda, lalu dia mengatakan memang benar di gedung itu anda HAnTUNYA..hati hati ya kalau lembur kata dia…..semakin anda meyakini bahwa di gedung tersebut ada hantunya….kalau suatu saat tanpa sengaja mendengar lagi pembicaraan orang lain bahwa di gedung lain ada HANTU , padahal bukan gedung anda ……karena keyakinan anda semakin penuh bahwa di gedung tersebut ada hantu makin menguatkan bahwa anda yakin ada hantu..padahal apa yang dibicarkan orang lain belum tentu benar, apalagi teman anda hanya sukanya bercanda, tapi begitu menyakinkan bicara dengan anda bahwa ada hantu….

Nahh sikap anda akan menjadi berubah yakin bahwa digedung tempat bekerja ada hantu dan ini akan mempengaruhi sikap anda menajdi takut untuk melakukan lembur…

Dari mana ini semua? Ya,,,,,sikap yakin tadi yang belum tentu benar….begitu juga dengan disikap kita dalam menghadapi persoalan hidup, kita harus membangun sikap yakin bahwa kita mampu menyelesaikan masalah dengan baik dan sangat yakin. Dengan membangun sikap yakin maka mental kita akan mampu mencari solusi karena adanya optimisme.

Libatkan Allah Dalam Semua Lini Hidupmu

Ini cara dan strategi paling best is the best, saat melibatkan Allah dalam semua sendi kehidupan, maka cara pandang, cara bertindak, cara bersikap, cara berpikir akan berubah menjadi lebih sangat powerfull, karena apa? Hidup menjadi lebih dinamis selalu menerapkan aturan agama dalam segala hal…dan cara berjalan hidupnyapun mengikuti rel agama gag berani keluar dari koridor yang telah ditentukan.
Ini merupakan kata kunci strategi hidup, saat kita libatkan Allah dalam setiap langkah hidup ini…..wush…wushhh.wush..kita serasa lari kencang tanpa beban yang berat menjalani kehidupan ini. Semakin melibatkan Allah semakin mudah hidupmu.

Inilah strategi terhebat dalam hidup jika ingin hidup menajdi bermakna, silahkan lakukan dan aplikasikan lalu rasakan perubahan apa yang terjadi? Hidup itu strategi jika strateginya jitu maka hidupmu akan lebih bermutu tanpa menggerutu.

By : Anaz Almansour
Pakar Kepribadian | Motivator Super POWER

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *