Bos Abu Tours Ditetapkan Tersangka Penipuan Umrah

oleh

Pendiri sekaligus CEO Abu Tours Travel Hamzah mamba alias Abu hamzah ditetapkan sebagai tersangka kasus penipuan ibadah umrah, Jumat (23/3/2018).

Hal ini diungkapkan Kabid Humas Polda Sulsel saat menggelar jumpa pers. Hamzah Mamba disangka telah merugikan puluhan ribu jamaah dengan total kerugian mencapai Rp 1,4 triliun.

Penetapan tersangka ini dilakukan setelah Polda Sulsel menggeldah kantor Abu Tours di Jl kakatua Makassar. Selain menetapkan tersangka Polda juga mengumkan menyita aset-aset Abu Tours yang tersebar di berbagai daerah. Setelah ditetapkan sebagai tersangka, Hamzah Mamba rencananya bakal ditahan.

Hamzah Mamba, akrab disapa Abu, blak-blakan soal bisnis travelnya yang sedang dilanda sial. Dalam konfrensi pers di Rumah Makan (RM) Jowo Jl Kasuari, Kota Makassar, Abu mengaku kena sial. Menurutnya, di akhir tahun 2017 hingga sekarang travel yang didirikannya sejak 2011 ini sedang dilanda bencana besar.

Travel Abu Tours yang kerab memberangkatkan jamaah hingga 5.000 orang setiap bulan, turun drastis hingga 2.000 orang. Abu mengaku tertipu pihak ketiga atau vendor yang dipercayakan mengurusi para jamaahnya. Hanya saja Abu ogah membeberkan siapa vendor yang di maksud itu. Ia menyebutkan, vendor itu bukanlah asal Makassar, melainkanasal Jakarta.

“Saya tidak tahu sekarang, kenapa bisa sampai begini jadinya. Persoalan ini membuat saya tersadar bahwa kita tidak bisa percaya sama orang, apalagi di dalam usaha bisnis,” kata Abu.

Abu mengaku tidak pernah berniat menipu para jamaah yang ingin menunaikan ibadah lewat travelnya itu. Hanya saja dalam pengurusan pihak ketiga yang dipercayakan tidak bisa maksimal dan sering memunculkan misskomuniasi sehingga membuat jamaah kerab mengeluh dan gelisah. Ia menegaskan, Abu Tours berniat untuk memberangkatkan jamaah dengan harga yang dapat dijangkau kalangan masyarakat dengan pelayanan yang memuaskan.

“Jujur tidak ada niat kami menipu,” ujar Abu.

Ia mengakui meski masih banyak jamaahnya yang belum berangkat ke tanah suci Mekkah, tapi pihaknya optimis tetap memberangkatkan jamaah tersebut.

“Kami tetap memberangkatkannya, namun secara bertahap,” ucapnya.

Abu menuturkan, jamaah umrah terbanyak di Arab Saudi adalah jamaah Abu Tours. Dari data yang dibeberkan, sebanyak 100 ribu jamaah yang berangkat umrah lewat Abu Tours. Hal itulah kata Abu, membuat Hamzah mendapatkan apresiasi oleh kerajaan Arab Saudi.

“Di sana itu. Tidak ada negara yang bisa datangkan jamaah dengan jumlah 100 ribu jamaah per tahun. Itu hanya kami,” tutur Abu.

Saat ini, Abu Tours memiliki 20 cabang di Indonesia. Semua cabang ini memakai vendor untuk melayani para jamaah abu Tours. Terkait dengan vendor yang telah menipu Abu, ia tidak mempersoalkan itu. Alasannya hanya terjadi miss saat pengurusan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *