Kaji Tafsir Syaikh Nawawi al Bantani, Mahasiswa Indonesia Raih Doktor di Universitas Umm al Qura

oleh

Makkah – Ahad lalu 2 Jumada ats-Tsaniyyah 1439 H atau 18 Februari 2018 M telah berlangsung sidang disertasi al-Ustadz Syaukani Amron, kandidat doktor bidang Tafsir Universitas Umm al-Qura Makkah al-Mukarramah asal Indonesia. Sidang yang bertempat di Auditorium Syaikh Bin Baz, Fakultas Da’wah Universitas Umm al-Qur’a di Al-‘Abidiyah, dimulai sejak pukul 09.00 pagi waktu Arab Saudi.

Dengan judul disertasi (التفسير والمفسرون في إندونيسيا، محمد الجاوي أنموذجا), pembimbing Prof. Dr. Jamal Mustafa Abdul Hamid, penguji dari dalam Universitas Prof. Dr. Utsman al-Mahdi Shiddiq dan penguji dari luar Universitas Prof. Dr. Fahd bin Abdul Aziz ar-Rumi, Ustadz Syaukani berhasil meraih nilai Mumtaz atau Cumlaude pada sidang disertasi kali ini. Poin-poin utama dalam disertasi ini yakni sejarah negara Indonesia, sejarah masuknya Islam di Nusantara, pengaruh peradaban Islam di Indonesia, sejarah tafsir dan ahli tafsir di Indonesia serta kajian terhadap tafsir Nawawi. Syaikh Nawawi al-Bantani merupakan ulama besar asal Nusantara yang pernah mengajar di Masjidil Haram, Makkah al-Mukarramah.

“Beliau ulama Nusantara satu-satunya yang aktif dan produktif menulis dalam bahasa Arab dari sekian ulama Indonesia, beliau sebenarnya sudah terkenal di Indonesia dan di Hijaz sebelumnya, tapi akhir-akhir ini seolah-oleh nama beliau tidak banyak yang tahu tentang beliau, maka sangat penting kita kaji kembali tafsir beliau untuk memperkenalkan personalitasnya dan karya-karyanya” papar Ustadz Syaukani. Sejumlah mahasiswa Indonesia di Universitas Umm al-Qura turut hadir pada sidang disertasi untuk memberikan semangat dan selamat kepada Ustadz Syaukani, semoga ilmu beliau bermanfaat untuk agama, bangsa dan negara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *